Jumat, 27 Agustus 2010

Panduan Affiliate Marketing (2)


Ini adalah pembahasan kedua kedua seputar Panduan Affiliate Marketing. Kali ini kita akan menyebutkan tentang jenis-jenis affiliate yang bisa kita pergunakan untuk mendapatkan komisi.
Jeremy Palmer, seorang super affiliate marketer dunia menyebutkan dalam ebook-nya yang berjudul “High Performance Affiliate Marketing” menyebutkan bahwa ada empat langkah dasar di mana seorang affiliate mendapatkan komisi ketika mengarahkan pengunjung ke situs merchant (individu atau perusahaan yang mengadakan program affiliasi tersebut):
  1. Pengunjung membeli sesuatu dari pengiklan (Program ini dinamakan Pay Per Sale).
  2. Pengunjung mengisi formulir pendaftaran/data prospek (Program ini dinamakan Pay Per Lead).
  3. Pengunjung mendownload, menginstall, atau menggunakan beberapa produk atau jasa (Program ini dinamakan Pay Per Action).
  4. Pengunjung mengklik link affiliate yang mengarahkan ke website merchant (Program ini dinamakan Pay Per Click).

1. Pay Per Sale
Ini adalah tipe yang paling umum dari program affiliasi di internet. Anda tinggal mengarahkan pengunjung ke website merchant untuk membeli produk atau jasa, dan anda akan mendapatkan komisi jika pengunjung tersebut membeli sesuatu dari merchant tersebut.
Sebagian merchant membayar affiliate mereka dengan menghitung persentase penjualan, dan sebagian yang lainnya membayar dengan nominal yang telah ditentukan.
Industri/perusahaan yang membayar affiliate mereka dengan menghitung persentase penjualan, contohnya adalah Home Depot, Dell Computer, dll. Sedangkan industri/perusahaan yang menjual web hosting, layanan online cenderung untuk memberikan komisi kepada affiliate mereka dengan system nominal tertentu yang telah ditetapkan.
**Keuntungan pendapatan dengan persentase penjualan
–> Anda bisa mendapatkan komisi yang sangat besar sekaligus.
Contoh: Anda mengarahkan pengunjung yang membeli sebuah computer seharga $2.500,
–> Anda bisa mendapatkan komisi yang sangat besar sekaligus ketika pengunjung yang anda arahkan dengan link affiliasi anda membeli beberapa barang sekaligus dari merchant.
Contoh: Anda mengarahkan pelanggan yang membeli sepasang sepatu, tas, dan jaket yang cocok.
**Kekurangan pendapatan dengan persentase penjualan.
–> Pengunjung yang anda arahkan tersebut bisa saja mengembalikan barang yang dibelinya kepada merchant sehingga komisi anda juga ditarik kembali.
Contoh: Pengunjung membeli kemeja minggu lalu kemudian dia mengembalikannya karena tidak cocok, maka komisi anda juga ditarik kembali.
–> Pengunjung yang anda arahkan kemungkinan membeli barang yang kecil jumlahnya.
Contoh: Pengunjung membeli kaos kaki dan tidak pernah kembali lagi untuk membeli sesuatu yang lain.

2. Pay Per Lead
Ini adalah jenis affiliate marketing di mana merchant membayar affiliate mereka bukan karena pengunjung melakukan transaksi kepada merchant, tetapi karena data prospek yang berhasil di masukkan oleh affiliate tersebut. Contoh industri yang membayar affiliate mereka pada program seperti ini adalah perusahaan kartu kredit, perusahaan real estate, dll.
Keuntungan program jenis dikarenakan lebih mudah mengajak pengunjung untuk memasukkan data daripada membeli sesuatu dari merchant.
** Kelebihan program pay per lead
–> Konversi pay per lead lebih besar daripada pay per sale.
** Kekurangan program pay per lead.
–>  Komisi yang didapatkan biasanya lebih sedikit dari pay per sale.
–> Beberapa pengunjung yang anda arahkan ke website merchant mungkin tidak memenuhi persyaratan sehingga mereka ditolak oleh merchant dan anda tidak mendapatkan komisi sama sekali.

3. Pay Per Action
Merchant jenis ini membayar affiliate mereka ketika pengunjung mendownload, menginstall, atau menggunakan beberapa produk atau jasa. Kebanyakan perusahaan pada program ini adalah perusahaan perangkat lunak atau perusahaan jasa website yang ingin pelanggan mencoba produk atau jasa mereka.
Contoh perusahaan jenis ini adalah Yahoo, yang mana mereka membayar affiliate mereka ketika pengunjung mendownload dan menginstall instant messenger mereka, toolbar search, dll.
** Kelebihan Program Pay Per Action
–> Pengunjung yang anda arahkan tidak perlu membeli apapun, mereka hanya perlu mencoba beberapa perangkat lunak atau layanan dari website merchant tersebut.
–> Pengunjunt yang anda arahkan kemungkinan tidak memenuhi persyaratan.

4.Pay Per Click
Pada program ini merchant membayar affiliate mereka ketika affiliate tersebut berhasil membuat pengunjung mengklik iklan yang mereka tayangkan.
Perusahaan yang menyediakan program ini untuk luar negeri seperti google adsense, dan dalam nederi seperti negeri ads dan kumpul blogger.
** Kelebihan program pay per click
–> Tingkat konversi yang baik, karena pengunjung hanya mengklik iklan yang ditayangkan.
–> Jika anda memiliki banyak pengunjung, maka anda dapat menghasilkan banyak uang dengan program ini.
** Kekurangan Program pay per click
-> Semakin berkurangnya merchant yang menyediakan program ini karena banyaknya kasus penipuan yang terjadi, seperti publisher (penayang iklan) mengklik sendiri iklan yang ditayangkannya dengan menggunakan software pengklik iklan secara serempak, dll.
Semoga Bermanfaat.

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online